REPEATER DARI ICOM IC2N

BUAT SENDIRI REPEATER SEDERHANA MENGGUNAKAN HT IC2N

Kadang kala kita melaksanakan suatu even yang membutuhkan sebuah repeater mini, misalkan dalam kegiatan PRAMUKA, signal dubling contest dll, yang dapat membantu kegiatan tersebut. Dengan bantuan repeater mini ini ada salah satu rekan yang pernah penulis uji cobakan pada kegiatan PRAMUKA, dapat mengekonomiskan pemakaian batere para peserta kegiatan,karena mereka cukup menggunakan LOW power bisa menjangkau seluruh area. Pada pembuatan repeater ini penulis gunakan 2(dua) buah HT IC2N dengan sedikit penambahan rangkaian , 1 buah tr 2SC828,2 buah resistor 10 K, 1 buah resistor 1 K, 2 buah kondensator 0.1 uF, kabel kontrol ½ meter, 1 buah jack speaker dan 1 buah jack mik. Penambahan dilakukan pada IC2N yang berfungsi sebagai penerima, untuk yang berfungsi sebagai pemancar tidak ada perubahan (sebagai pemancarnya compatible segala HT merk ICOM dan Alinco).

Buat rangkaian tambahan yang penulis sertakan dan sisipkan pada HT IC2N yang berfungsi sebagai penerima., untuk koneksi ke HT pemancar, kita manfaatkan jack speaker dari HT. Maka kita perlu melepaskan kabel yang terhubung sebelumnya dan menyambungkan secara permanen tanpa melewati jack tersebut.
Setelah selesai kita tutup kembali HT tersebut, secara sepintas seperti tidak ada perubahan , HT masih bisa dioperasikan untuk ngebreak melalui PTT.
Buat kabel kontrol , ujung yang satu disambungkan dengan jack speaker dan yang satunya dihubungkan dengan jack mic.
Hubungkan kedua HT tersebut dengan kabel kontrol, coba buka squelch HT penerimanya, maka HT pemancar akan mode transmit, tutup squelch HT penerima maka HT pemancar akan kembali mode receive. Repeater mini sudah selesai dan siap dipergunakan. Selisih frekwensi pancar dan terima bisa dipilih sesuai keinginan pengguna, tapi usahakan sampai pancaran HT pemancar tidak mengganggu (nyepleteri) HT penerima. Level modulasi diatur dengan menggunakan potensio volume HT penerima.
Salam YD2OYD..Lets explore your mind 

Sumber : http://amatirindonesia.blogspot.com/2009/10/buat-sendiri-repeater-sederhana.html


JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Unknown pada 01.50. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk REPEATER DARI ICOM IC2N

Posting Komentar
Pulau Seribu

.

2010 Lintas Amatir. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Amatir