HT Icom V68 – brik brik.. kontek….kontek…

Iseng-iseng muter-muter di forum, ehhh nemu barang begini … berhubung cocok, ya dibungkus…he he he … bagi sebagian orang mungkin trend ini sudah hampir punah, tapi ternyata setelah saya pantau lebih lanjut. Masih rame juga.
Handy Talkie (HT) Icom V68. Meski tergolong HT jadul … HT ini pernah mengalami masa keemasan jaman tahun 97-98 dulu ….. dulu saya sering pake punya sekolah pas ada acara Diklat Pecinta Alam, survei dan koordinasi OSIS.
Kalo dibandingkan dengan HT keluaran sekarang yang sudah sangat mungil dan canggih, HT ini mungkin tidak ada apa-apanya.. tapi secara fungsi dan peruntukan, masih layak lah untuk dimiliki, apalagi dengan harga yang sangat murah (dibandingkan jaman SMA dulu ha ha ha ).
HT ini bermain di frekuensi 137-174 Mhz, dengan output power 5watt (high) dan 0.5 watt (low), cukuplah untuk komunikasi jarak pendek-menengah dengan menggunakan antena helical bawaannya. Pas barang udah di tangan, meski sempat harus bongkar sebentar untuk membersihkan tombol-tombolnya yang sudah berdebu, pesawat jadul ini bisa nembus Repeater Bromo di frekuensi 143.68,00. Dari sisi penerimaan maupun tranmisi, bisa termonitor dengan baik meski tanpa antena atas.
Dibekali dengan battrey pack berkapasitas 6 buah batrei AA, menjadikan HT ini sangat efisien dan efektif dari sisi pengoperasian, apalagi di medan yang tidak tersedia jaringan listrik. Tinggal bawa batrei cadangan secukupnya sudah bisa berkomunikasi dengan lancar.
Dari segi fisik, HT ini tergolong sedang dan enak digenggam di tangan. Terlihat kokoh dengan desain tombol dan display yang sedap dipandang. Meski tidak berbentuk futuristik, justru ini yang menjadi nilai lebihnya… tampilan elegan kotak yang menarik apalagi kalo dipajang di meja ha ha ha …
Kesimpulan akhir, dengan harga di kisaran 350-400rb, HT ini layak dimiliki sebagai barang bawaan / properti dalam kondisi emergency dimana dimungkinkan medan/daerah lokasi kita berada tidak terdapat BTS GSM sehingga Handphone tidak berfungsi.
Kenapa saya koq kurang kerjaan membeli HT, selain motivasi nostalgia masa SMA, juga terinspirasi oleh film Die Hard 4, dimana justru yang menjadi penyelamat adalah pesawat radio CB saat semua jalur komunikasi diambil alih oleh teroris (semoga saja tidak terjadi yang demikian).
Intinya, di jaman Blackberry dan IPhone, alat seperti ini tetap tidak bisa dianggap remeh. Pak Polisi aja tiap hari masih cuap-cuap di frekuensi, jadi ga ada salahnya kan ikut nguping pantauan lalu lintas lewat radio he he he

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Unknown pada 01.01. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk HT Icom V68 – brik brik.. kontek….kontek…

Posting Komentar
Pulau Seribu

.

2010 Lintas Amatir. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Amatir