RF GATEWAY REPEATER YC5ST-R

YC5ST-R
Repeater ini awalnya dipakai untuk Local Repeater di Kota Pekanbaru (khususnya), meskipun tidak terlalu tinggi Antena-nya, namun cakupanya ternyata cukup luas hingga ke pesisir Sumatera Barat pada saat itu, padahal LOS nya kurang bagus... mengingat "Pegunungan Bukit Barisan" hampir terbentang sepanjang pulau Sumatera.

Karena kebaikan dari sang pemilik Repeater - Om Hasmijanto,YC5ST maka beliau pun pasrah (rela) Repeaternya dijadikan sebagai Gateway eQSO (YC5ST-R).
Repeater yang nampak pada foto diatas, awalnya dari type GR300 lalu diganti Inputnya dengan M120, termasuk Power Supply-nya diganti dengan YAESU sedangkan yang aslinya disimpan sebagai cadangan.

COR (R.I.C.K) yang dipakai adalah produk Motorola (asli), sehingga saya pun juga segan untuk mengopreknya/modifikasi. Permasalahannya jika kabel harus dimasukkan ke RICK (J3-2), sepertinya tidak ada celah yang cukup untuk melewatkan beberapa utas kabel, bisa saja sih di bor, tapi yang punya nanti cemberut. ( serba salah kan ? )
Sehingga alternatif yang paling mudah dengan cara memasukan Audio dan PTT langsung ke Microphone plug / RJ45 (J11).




Yang perlu diperhatikan adalah Level input audio ke Microphone (J11-5), itu sebabnya Sound Card Interface sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya distorsi audio.

Pada beberapa kasus, audio dari PC (Line Out) yang dipancarkan ulang dengan Repeater (Motorola) melalui Pin-2 J3 terkadang terlalu kecil.
    Solusinya antara lain :
  • Memastikan nilai kapasitor coupling pada Interface yang menuju Microphone Radio yaitu antara 2,2 uF sampai dengan 10uF (semakin besar kapasitor, maka semakin besar pula audio yang dikeluarkan)
  • Mengatur level (potensio) audio pada interface.
  • Memindahkan Jumper pada JU651 (3-Pin Header) dari posisi A ke B.


JU651

Posisi JU651


Schematic GM300 JU651

Schematic GM300 (JU651)


Gambar skematik lengkap GM300 silahkan kunjungi web (OM Colin, G1IVG) disini


73, yc5nbx


Sumber / Link : http://yc5nbx.blogspot.com/2008/12/rf-gateway-repeater-yc5st-r.html

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Unknown pada 02.09. dan Dikategorikan pada , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

1 komentar untuk RF GATEWAY REPEATER YC5ST-R

  1. wah mantab postingannya. baru tahu ada tutorial beginian, mungkin Allah baru menizinkan saya untuk dapat ilmu hari ini. salam sukses

Posting Komentar
Pulau Seribu

.

2010 Lintas Amatir. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Amatir